Kontributor

Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Apa Arti Sebenarnya Bahasa?

Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Bahasa memiliki berbagai definisi. Definisi bahasa adalah sebagai berikut: suatu sistem untuk mewakili benda, tindakan, gagasan dan keadaan.
suatu peralatan yang digunakan untuk menyampaikan konsep riil mereka ke dalam pikiran orang lain
suatu kesatuan sistem makna
suatu kode yang yang digunakan oleh pakar linguistik untuk membedakan antara bentuk dan makna.
suatu ucapan yang menepati tata bahasa yang telah ditetapkan (contoh: Perkataan, kalimat, dan lain-lain.)
suatu sistem tuturan yang akan dapat dipahami oleh masyarakat linguistik.



Bahasa erat kaitannya dengan kognisi pada manusia, dinyatakan bahwa bahasa adalah fungsi kognisi tertinggi dan tidak dimiliki oleh hewan. Ilmu yang mengkaji bahasa ini disebut sebagai linguistik.

Menetapkan perbedaan utama antara bahasa manusia satu dan yang lainnya sering amat sukar. Chomsky (1986) membuktikan bahwa sebagian dialek Jerman hampir serupa dengan bahasa Belanda dan tidaklah terlalu berbeda sehingga tidak mudah dikenali sebagai bahasa lain, khususnya Jerman.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaannya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia , tepatnya sehari sesudahnya, bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di Timor Leste, bahasa Indonesia adalah bahasa kerja.

Dari sudut pandang linguistika, bahasa Indonesia adalah suatu varian bahasa Melayu. Dasar yang dipakai adalah bahasa Melayu Riau dari abad ke-19, namun mengalami perkembangan akibat penggunaanya sebagai bahasa kerja dan proses pembakuan di awal abad ke-20. Hingga saat ini, bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan, maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.

Meskipun saat ini dipahami oleh lebih dari 90% warga Indonesia, bahasa Indonesia tidak menduduki posisi sebagai bahasa ibu bagi mayoritas penduduknya. Sebagian besar warga Indonesia berbahasa daerah sebagai bahasa ibu. Penutur bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya. Namun demikian, bahasa Indonesia digunakan sangat luas di perguruan-perguruan, di surat kabar, media elektronika, perangkat lunak, surat-menyurat resmi, dan berbagai forum publik lainnya, sehingga dapatlah dikatakan bahwa bahasa Indonesia digunakan oleh semua warga Indonesia.

Fonologi dan tata bahasa bahasa Indonesia dianggap relatif mudah. Dasar-dasar yang penting untuk komunikasi dasar dapat dipelajari hanya dalam kurun waktu beberapa minggu.

Serius lho , bahasa Indonesia itu relatif mudah dipelajari dibandingkan bahasa lain—terlebih lagi kita sebagai warga negara Indonesia telah menggunakan bahasa yang satu ini sejak lahir (ya, kan?). Akan tetapi, pertanyaan yang timbul sekarang adalah: sudahkah kita berbahasa Indonesia dengan baik dan benar , Kawan-kawan? Atau setidaknya mengetahui bagaimana sih dasar berbahasa Indonesia yang baik dan benar itu? Bukan berarti kalian harus menggunakan bahasa baku dengan ketentuan EYD setiap saat, lho , bukan. Hanya saja, nggak lucu kan kalau seandainya bahasa gaul atau bahasa sehari-hari kita—yang faktanya telah banyak ”memodifikasi” dan ”merevisi” bahasa Indonesia asli alias baku—nantinya malah lebih mendominasi Indonesia dan membuat bahasa asli kita yang keren itu terlupakan dan terpinggirkan? Nggak, sama sekali nggak lucu.

Oleh karena itu, salah satu tujuan website ini disusun adalah untuk mengingatkan akar dari bahasa kebanggan kita, bahasa Indonesia—bagaimana kalimat tercipta, jenis kata apa saja yang menjadi elemen penting bagi bahasa Indonesia, macam imbuhan, kata ulang dan majemuk, pembagian jabatan kalimat, dan lain-lain, dan lain-lain, dan lain-lain.

Mau tahu dan ingin kenal lebih dekat dengan 'tata bahasa Indonesia'? Atau hanya sekedar ingin mampir karena penasaran atau iseng ? Silakan, apapun alasannya, semoga website ini bisa membantu para pribadi yang ingin mempelajari tata BAHASA INDONESIA jauh lebih dalam dari sebelumnya dan membuat kita, saya juga kalian lebih mencintai bahasa tanah air kita. Amin.

Jaya terus bahasa Indonesia!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar